Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

14 September, 2013

Apa pun namanya Ospek adalah ajang pengenalan kampus

Suasana Ta'aruf (Ospek UIKA Bogor 2013)
Sudah menjadi satu agenda rutin di tingkat pendidikan tinggi, mahasiswa baru, sebelum di hadapkan pada perkuliahan, maka akan melewati masa orientasi mahasiswa dan Pengenalan Kampus (OSPEK) terlebih dahulu.

Setiap kampus mempunyai istilah tersendiri mengenai agenda penerimaan mahasiswa baru dikampusnya masing2, begitupun dengan Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA), Ospek dikenal dengan istilah pekan Ta’aruf.

Walaupun secara pemakaian bahasa atau istilah disetiap kampus berbeda mengenai agenda penerimaan mahasiswa barunya, akan tetapi secara umum bisa dipastikan esensinya sama.

Ospek yang di kenal sebagai taaruf di UIKA secara umum tidak jauh berbeda dengan kegiatan ospek di kampus-kampus lainnya, didalamnya diisi dengan pengenalan struktur managemen kampus mulai dari rektorat sampai dekanat, pengenalan lembaga2 kemahasiswaan mulai dari BEM hingga UKM, pengenalan lingkungan kampus hingga dunia pergerakan mahasiswa. Di UIKA pun agenda pekan raya ta’aruf esensinya adalah pengenalan setiap hal yang berkaitan dengan dunia kampus tersebut.

Sejatinya agenda ospek itu adalah masa dimana kampus memberikan sarana kepada para mahasiswa baru untuk menemukan orientasinya kedepan.

Jadi apaun istilah ospek yang ada sekarang dimasing2 kampus, sejatinya jangan pernah keluar dari tujuan utamanya sebagai ajang pengenalan kampus.

_______________________
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
dari sahabat kreatifmu
Nurdin Al-Azies

adds