Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

27 Januari, 2014

SEMARAK EXPO KAMPUS MAN 2 BOGOR EXPO 2014

foto bersama, perwakilan dari berbagai kampus, hadir menyemarakan EXPO MAN 2 Kota Bogor

 
PENDIDIKAN tinggi di masa kini merupakan suatu kebutuhan, di mana pendidikan tinggi yang berkualitas banyak dicari oleh siswa siswi selepas lulus SMA/SMK/MA.  Inilah yang nampak semarak pada acara MAN 2 Bogor Expo 2014. Merupakan eksposisi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia yang diselenggarakan Sabtu, (25/1) oleh Ikatan Alumni MAN 2 Bogor. Mengusung tema Higher education for the better future, expo kali ini dihadiri oleh 36 kampus baik negeri maupun swasta.

Beberapa nama  kampus yang mengikuti  expo adalah IPB,  Universitas Indonesia, ITB, UNPAD,
Yang menarik dari acara Expo kali ini, tidak hanya siswa mengikuti pameran, tetapi mereka juga mengikuti talksow mengenai bagaimana memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat oleh Reza Fahlepi, yang juga mahasiswa IPB. Agar nantinya, mereka – siswa dan siswi – bisa mengambil jurusan di fakultas yang mereka sukai sesuai passion.

UGM, Universitas Brawijaya, UNDIP, UNS, UNSOED, UNESA, UNNES, UNJ, UPI,  UIN Syarif Hidayatullah, UIN Malang, UIN Sunan Gunung Djati, UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sunan Kalijaga, PNJ, Poltekes Bandung, Trisakti, Univeritas Gunadarma,UNISBA, IISIP Jakarta, AKBID Husada Bogor, Telkom University, UMJ, UIKA, UNPAK, STEI KESATUAN, STIE TAZKIA, Universitas Pancasila, AKA Bogor, Akademi Telkom Bogor, APP, STIAMI Ciawi.

Syahrizal Sidik, ketua pelaksana MAN 2 Bogor Expo 2014, kepada Radar Kampus mengatakan expo ini bertujuan sebagai sarana untuk membantu siswa mencari informasi mengenai pendidikan tinggi di Indonesia, yang diharapkan nantinya mereka akan memiliki gambaran mengenai  universitas yang dicita-citakan. “Event ini (red. Expo) juga sebagai ajang silaturahmi antar alumni,” paparnya.  
Batu LoncatanPendidikan menengah di SMA/MA merupakan batu loncatan menuju akses ke perguruan tinggi, di mana kuliah adalah saat yang menentukan karier seseorang di masa depan. 

Maka, pentingnya informasi mengenai pendidikan tinggi akan membantu memudahkan siswa memilih kampus yang sesuai dengan keinginan. Hawasi, selaku Kepala MAN 2 Kota Bogor, menyatakan mendukung diselenggarakannya acara expo tahun ini, di mana sudah banyak lulusan MAN 2 yang sudah menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, “Semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan bisa mengharumkan almamater,” ujarnya di sela- sela acara pembukaan expo.

“Acaranya bagus,  sangat membantu kita banget buat memilih universitas,” ujar Tiara Fitri Maghfira, siswi MAN 2. Lain halnya, dengan Rafif Nur Akbar, dia mengatakan banyak pilihan kampus yang sama-sama disukai, dan saking banyaknya membuatnya jadi galau memilih yang mana. “Kampusnya bagus-bagus sih, jadi bingung mau pilih yang mana” ujarnya kepada Radar Kampus. Bagi Raka Prasetyo, mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya,  yang juga alumni MAN 2 Kota Bogor memiliki lain cerita, demi expo kali ini, Raka menyempatkan diri untuk ke Bogor mengikuti acara expo.  

Semarak acara expo kali ini tentunya tidak bisa dilangsungkan tanpa adanya kebersamaan dan peran para panitia, tentunya, tidak mudah menyatukan ketigapuluh enam kampus yang rata-rata domisilnya ada di luar kota. Tapi, MAN 2 Bogor Expo berhasil membuktikan itu. “Alhamdulillah, sesuai dengan yang diharapkan.” Ujar Syahrizal. [Rep. Arief Rahardjo]
    








adds