Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

11 September, 2013

Program kerja KKN, Pengabdian Mahasiswa untuk Pemberdayaan Masyarakat


Salah satu mahasiswi tengah menjalani KKN, dengan mengajar di Salah satu TPA

Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di kawasan Bogor memiliki kewajiban untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan di bidang kelembagaan, kesehatan, pendidikan,  ekonomi serta, pemberdayaan lingkungan. Peran serta tersebut bukan hanya dilakukan oleh mahasiswanya saja, namun juga masyarakat di sekitar kampus ataupun masyarakat luas.

 Salah satu bentuk peran serta aktif tersebut adalah dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIKA Bogor dan dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UIKA Bogor.

KKN POSDYA 2013 Kali ini diselenggarana di 14 desa tepatnya di kecamatan Ranca Bungur dan Babakan Madang dengan jumlah peserta KKN POSDAYA tahun ini berjumlah 197 Mahasiswa terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Luar sekolah, Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan FKIP UIKA Bogor R. Muhajir Apandi, yang juga sebagai Koordinator POSDAYA Bogor.

KKN sendiri kata Muhajir  sangatlah penting dilakukan oleh mahasiswa, karena KKN adalah salah satu sarana labolatorium hidup dan nyata yang akan membekali mahasiswa sebelum terjun kemasyarakat setelah selesai menempuh studinya, dan sebagai aplikasi Tri Darma perguruan tinggi. oleh karenanya KKM diberi bogot SKS yang cukup besar pada perkuliahan, adapun manfaat bagai mahasiswa antara lain adalah sebagai sarana yang kongkrit dalam partisipasi aktif pada kegiatan sosial kemasyarakatan, proses pembelajaran life skill, bagai mana bisa menempatkan diri dalam kegiatan kemasyarakatan. Bagi masyarakat, KKM sendiri sebagai ajang pembinaan yang cukup efektif karena diajarkan langsung di tempat sesuai dengan solusi yang dibutuhkan.
Mahasiswa UIKA Sedang memberikan penyuluhan kepada masyarakat

mendatangi kantor desa, guna pendataan warga

foto bersama peserta kkn dengan tokoh masyarakat setempat

adds