Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

17 Oktober, 2013

Sepenting apakah akreditasi bagi kampus swasta?

KOMPAK: Tim suksesi Akreditasi Prodi Teknik Informatika sedang mempersiapkan borang

Belakangan ini mulai muncul trend atau ada kecenderungan para alumni dan mahasiswa suatu Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta mendatangi lagi lembaga almamaternya-bukan untuk sekedar melepas rasa kangen terhadap adik-adik kelasnya maupun sekedar bertemu dengan dosen-dosen waktu semasa kuliah dulu, namun untuk suatu kepentingan mendapatkan informasi tentang peringkat akreditasi almamaternya. Informasi ini sangat diperlukan karena beberapa perusahaan atau institusi yang menampung para lulusan perguruan tinggi saat ini telah menjadikan peringkat akreditasi sebagai salah satu indikator melihat kualitas pencari kerja yaitu dengan melihat kondisi riel almamaternya terlebih dahulu.

Dari kecenderungan fenoma tersebut diatas muncul pertanyaan sebegitu pentingkah nilai akreditasi tersebut bagi lulusan perguruan tinggi? Bukankah kompetensi menjadi pilihan utama bagi perusahaan atau institusi yang ingin memanfaatkan lulusan perguruan tinggi !

Ir., Budi susetyo, Msc.IT, selaku kepala program studi Teknik Informatika Universitas Ibn Khaldun Bogor, yang akan melakukan akreditasi pada tanggal 17 oktober ini, mengungkapkan akreditasi baginya adalah sebuah keharusan, karena berhubungan dengan izin dan pengakuan yang diberikan pemerintah kepada program studi yang ia pimpin, Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 Disamping sebagai bentuk evaluasi bagi instansinya, akreditasi bermanfaat kepada peningkatan kwaluitas serta mutu dari pendidikan yang dijalankan, untuk selanjutnya akreditasi pun bisa dimanfaatkan sebagai pendongkrak promosi dan penambah kepercayaan instansi dalam menjalankan programnya.

Ciri akreditasi adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer), dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai/ komponen dari masukan, proses dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor.

Ia pun optimis akreditasi yang akan dilaksanakan pada tangga 17 oktober mendatang pada prodi Teknik Informatika ini, bisa menghasilkan nilai akreditasi baik, dan menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam proses persiapan akreditasi yang tidak lama ini akan diselenggarakan. (azies)

Cek nilai akreditasi program studimu disini
Bagi kalian yang ingin mengecek secara langsung nilai akreditasi program studi Universitas nya, atau universitas yang ingin di masuki, kalian bisa cek dengan mengakses:
http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php ,

masukan nama wilaiah kopertisnya, catatan untuk wilayah bogor, sukabumi, cianjur ada pada kopertis 4.
Kemudian masukan nama universitas, masukan nama program studi, klik tombol cari, maka akan muncul nilai akreditasi dari program studi yang kita cari berdasarnak nilai real yang terdaftar pada Badan akreditas Nasional.

adds