Sebagai generasi yang laihir di abad digital, namapaknya Media sosial saat ini telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Di dalam perjalanan menuju tempat kerja misalnya, sudah menjadi pemandangan yang biasa, pelajar, anak muda, ibu-ibu, sopir, siapun mengakses sosial media berupa Facebook, Twitter, Linked in, Instagram, dan lainnya untuk mendokumentasikan perjalanan mereka, berkomunikasi dengan teman atau rekan kerja atau bahkan rekan bisnis, serta mengakses informasi.
Kebiasaan tersebut juga semakin sering ditemukan dengan ditunjang perangkat komunikasi yang terus berkembang. Apabila dahulu, orang sudah merasa cukup dengan ponsel berkamera, maka saat ini, ponsel yang dapat mengakses internet dan sosial media menjadi suatu kebutuhan.
Nah bagi orang yang kreatif, tentunya apapun bisa dijadikan peluang untuk mengembangkan kreatifitas dan bisnisnya, jika orang hanya berfikir media sosial hanya untuk UPDATE STATUS, SHARE FOTO PRIBADI, PAMER APA YANG KITA MILIKI, justru bagi orang kreatif kebalikannya mereka berfikir terbalik, justru dia memanfaatkannya MEMPUBLIKASIKAN karya, bahasa exreamnya jualan.
Berbicara pemanfaatan jejaring sosial untuk mengembangkan kreatifitas bahkan berbisnis, saat ini media sosial bisa dibilang sebagai tempat yang potensial, itu bisa kita lihat dari berbagai data dan fakta yang cukup menggiurkan tentang potensialnya jejaring sosial dimanfaatkan sebagai media bisnis.
fakta pertama: Indonesia adalah negara pengakses Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya terbesar ke 2 didunia, data tersebut dilansir oleh viva dan IT Paint Crporation. Sebagai Negara yang menempati urutan ke 4 negara berpenduduk terbanyak di dunia dengan total penduduk 241 juta jiwa, 45juta penduduknya terkoneksi dengan internet dan 42juta jiwa tercatat sebagai pengguna facebook aktif. dengan total rata-rata pengaksesan lebih dari 30menit perhari.
fakta kedua: Realease dari facebook Seperti dikutip dari The Next Web, tercatat dalam bulan februari 2014, pengguna aktif bulanan Facebook kini sudah melewati angka 1,19 miliar akun dari total penduduk bumi sekitar 7milyar. Dari angka tersebut, 874 juta pengguna di antaranya mengakses Facebook dari perangkat mobile. berikut data lengkap tentang facebook.
- Jumlah total pengguna aktif Facebook bulanan (1,19 miliar)
- Jumlah total pengguna aktif Facebook harian (728 juta)
- Rata-rata jumlah teman pengguna Facebook remaja (300 teman)
- Jumlah total koneksi pertemanan Facebook (150 miliar)
- Jumlah total penanda 'Like' sejak diluncurkan (1,13 triliun)
- Rata-rata 'Like' harian di Facebook (4,5 miliar)
- Pengguna Facebook yang log-in setiap hari (76 persen)
- Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Facebook per bulan (8,3 jam)
Fakta ketiga: Semua Orang Menyukai Branding, Fakta bahwa orang-orang lebih memilih produk dengan strategi branding yang baik adalah bukti nyatanya. Menurut penelitian sebuah institusi pemasaran, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, ketimbang produk yang tidak memilikinya.
Fakta keempat: Semua Orang Lebih Mudah Terpengaruh Oleh Rekomendasi Teman Di Sosial Media Pendapat seseorang mengenai sebuah brand akan mempengaruhi audience-nya di sosial media. Dalam istilah marketing ini disebut Word of Mouth, dan Word of Mouth now goes digital in Social Media.
Kemudian, muncul pertanyaan, apa saja fungsi yang bisa dimaksimalkan dengan menggunakan akun Sosial Media? Setidaknya ada tiga fungsi yang dapat dimaksimalkan dengan sosial media oleh setiap pelaku industri, yaitu:
1. Sebagai media pemasaran
Fungsi ini paling banyak digunakan oleh para pelaku industri. Pemasaran adalah salah satu jantung dari sebuah usaha atau industri. Ada banyak alasan mengapa para pemasar (marketing) memilih strategi sosial media, diantaranya adalah untuk menekan biaya pemasaran.
2. Sebagai Public Relation
Banyak perusahaan besar dan terkenal telah memanfaatkan sosial media sebagai media publikasi secara resmi mereka. Alasan utama tentu efektivitas menjangkau masyarakat dan biaya yang tidak terlalu mahal.
3. Sebagai Customer Service
Terdapat begitu banyak perusahaan penyedia jasa telah memanfaatkan sosial media sebagai sarana mereka untuk melayani para pelanggannya. Alasan utamanya, lagi-lagi untuk menekan biaya.
Itu lah mengapa Sosial Media saat ini sangat berperan bagi setiap perusahaan dari berbagai jenis industri. Data dari Sprout Social Index menunjukan bahwa perkembangan sosial media di berbagai industri di seluruh dunia menunjukan angka yang signifikan.
Maka tidak ada alasan bagi setiap pelaku usaha dan pelaku industri untuk mengabaikan trend digital yang tak terbendung ini. Lebih cepat Anda memutuskan untuk juga terjun dalam trend dunia digital ini semakin baik. Jangan biarkan kompetitor Anda yang mengambil langkah lebih dulu, karena dapat dipastikan persaingan akan semakin ketat.