Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

01 Juli, 2019

Pesan Kakak tingkat untuk calon Mahasiswa Baru

_

Assalamualaikum Wr. Wb._

*Adik-adik yang baik hatinya, yang insya Allah soleh dan solehah, semoga Allah merahmati kita semua..*

Mungkin sebelumnya, saya dan kalian belum pernah bertemu, seblumnya kita ga saling kenal satu-sama lainnya, namun dari lubuk hati yang terdalam saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari fase perjalanan kalian dalam melewati step baru diperjalanan hidup menuju mahasiswa. 

*Sebagai seorang kaka, saya bersyukur melihat kalian sebentar lagi akan masuk dunia kampus, kamu semakin dewasa, insyaAllah akan tambah pintar, dan punya banyak teman.* 

Tapi sebelum kamu masuk dunia kampus. ijinkan lah saya
sebagai kaka tingkat kalian menyampaikan beberapa pesan pengingat yang semoga engkau bisa simpan dan amalkan. 


*Adik ku!,* sebelum engau belajar banyak hal tentang ilmu, maka sesungguhnya adab dan akhlak adalah yang lebih berharga daripadanya, jangan sampai ilmu yang kau cari dan kau raih, menjadikan mu sombong, tinggi hati dan tak beradab bahkan tak berakhlak.  

*Adik ku!,* mugkin kedepan ilmu ku dan ilmu mu jauh lebih banyak ilmu mu, namun sebelum kau melampauinya, maka ingatkah, sehebat apapun kamu berilmu, jika tidak diamalkan dan dimanfaatkan untuk kebaikan, maka sesungguhnya ilmu mu tak ada gunanya.

*Adik ku!,* mungkin kedepan setelah kau kuliah, kamu akan menemukan berbagai teman, maka silahkan berteman dengan siapapun, namun sebagai seorang kaka, hanya bisa mengingatkan, carilah sahabat yang mampu membuatmu jauh lebih baik, jauh lebih sholeh/a, jauh lebih dewasa. karena berteman dengan nya adalah anugrah yang akan membawamu menjadi pribadi yang baik.


*Adik ku!,* Sungguh hormat kepada, yang lebih tua terutama gurumu atau dosenmu adalah hal yang patut kau lakukan, karena tidaklah cukup hidup hanya bermodal kaya ilmu semata, namun hiduplah penuh keberkahan dengan cara selalu menghormati gurumu. 

*Adik ku!,* sungguh nilai bagus yang termuat di transkipmu, akan membuat mu terlihat cerdas, namun yang harus kamu ingat, bahwa terlihat cerdas saja tidak cukup, karenanya kejujuran lebih utama dan bernilai daripada hanya sekedar tanskip nilai.


*Adik ku!,* dalam seperjalanannya nanti, kamu pasti akan menemukan, hal yang perlu kamu pilih, maka ketika kamu menemukan jalan hidup lain, selain pendidikan yang kau akan jalani ini maka ingatlah.

Disetiap sen uang yang keluar untuk membiayaimu bersekolah hingga kuliah, terselip kerja keras dan keringat ibu serta bapak kita.

Disetiap tetes keringat yang mereka keluarkan untuk kuliah kita, terkandung harapan dan doa, agar kita bisa membahagiakan mereka kelak. 

Dari harapan dan doa yang mereka panjatkan untuk keberhasilan kita, selalu ada tetesan airmata  pengorbanan besar yang orang tua kita berikan. 

Maka pesan saya sebagai kaka mu, jangan kau khianati jerih payah mereka orang tua kita yang sungguh-sungguh berharap dalam doanya agar anaknya kelak bisa jauh lebih baik darinya.

Namun yang harus kamu ketahui, hakikat kebaikan bukanlah hanya tingginya ilmumu, kaya harta, tinggi gelar dan jabatan, melainkan hakikat kebaikan itu, kamu memiliki adab dan akhlak yang baik, ilmu yang diamalkan dengan semanfaatnya, kejujuran yang ditinggikan,serta keiman yang mampu mengantarkanmu meraih maghfirah Allah.

_Dari kakamu yang belum pernah bertemu_
*Kak Azies* 

adds