Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

28 Maret, 2014

Melihat Perenkingan Universitas

Ada banyak pemeringkat universitas atau perguruan tinggi baik bersifat global maupun regional dengan cakupan atau metode pengukuran yang beragam.

Ada lembaga yang melakukan pemeringkatan dengan melihat jumlah mahasiswa, prestasi atau pun karya ilmiah yang telah dihasilkan dosen maupun mahasiswanya, ada pula yang melihat dari sisi lingkungan di seputar kampus.

Perkembangan teknologi juga membawa pengaruh kepada metode perangkingan universitas. Ada perankingan berdasar kegunaan website perguruan tinggi.

Berikut beberapa perangkingan universitas
  • QS World Ranking
Quacquarelli Symond (QS) World University Rangkings adalah salah satu institusi yang cukup obejektif dalam melakukan pemeringkatan. QS World University Rangkings dikelola oleh Quacquarelli Symonds Limited. QS telah menilai kualitas perguruan tinggi dunia sejak tahun 2004. Lembaga ini menggunakan beberapa metodologi dalam penilaian universitas, seperti jumlah mahasiswa (size), banyaknya program studi (focus), jumlah riset & publikasi yang terindeks (Research), dan umur universitas (age).
  • Webometric
Webometric adalah salah satu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric sudah melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Daftar peringkat ini berawal dari sebuah institusi bernama Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), sebuah lembaga penelitian publik di Spanyol. Dari sebuah divisi khusus yang bertugas untuk menangani dinamika informasi web yang dinamakan Cybernetics Division lahirlah Webometrics.
  • TeSCA
TeSCA merupakan program untuk merangking universitas atau perguruan tinggi berdasar pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) melalui metode “ZEN Framework”. Beberapa hal yang diukur adalah infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya. TeSCA diinisiasi oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang bekerjasama dengan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) dan Dewan Teknologi dan Komunikasi Nasional (Detiknas).
  • 4ICU
4ICU merupakan website yang juga sering kali dijadikan referensi di bidang pendidikan, termasuk mengenai perankingan universitas terbaik. Kepanjangan 4ICU adalah 4International Colleges and Universities. Metode yang digunakan dalam menyusun daftar perguruan tinggi adalah dengan melihat algoritma berdasarkan indeks beberapa mesin pencari independen seperti Google Page Rank, Majestic SEO Referring Domains, dan Alexa Traffic Rank.
  • UI Greenmetric
UI Greenmetric merupakan penilaian tingkat kehijauan perguruan tinggi berskala internasional yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia. Program yang sudah diselenggarakan selama empat kali ini bisa dibilang sudah cukup terkenal dan dikenal luas di beberapa universitas baik dari Indonesia maupun luar negeri. Indikator penilaian yang dijadikan patokan adalah lokasi dan kelengkapan perguruan tinggi, energi dan perubahan iklim, manajemen limbah, penggunaan air, transportasi, dan pendidikan.
  • ARWU
Academic Rangking of World Universitas (ARWU) adalah sistem perangkingan yang dilakukan oleh Institute of Higher Education, Shanghai Jiao Tong University (IHE-SJTU), Cina. ARWU termasuk salah satu sistem perangkingan universitas yang valid, dengan teknik dan metodologi yang diakui oleh dunia akademis internasional.
  • World Class University
World class university atau universitas kelas dunia merupakan sistem penilaian dan pengakuan yang berskala internasional melalui akreditas internasional. World Class University dapat dipahami sebagai mekanisme perangkingan dalam skala internasional. Jadi secara umum World Class University adalah kampus-kampus yang menempati peringkat atas dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan berskala internasional. (***)

adds