Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

02 September, 2007

Kabar Kampus


Sebagai Institusi Publik, Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) senantiasa melakukan pembenahan di berbagai bidang layanan, termasuk layanan akademis. Hal ini didasari oleh tuntutan masyarakat dan perkembangan masa yang semakin kompetitif, khususnya di dunia kerja. Oleh karenanya UIKA segera membentuk Lembaga Penjaminan Mutu yang berorientasi proses, sebagai upaya konkrit dalam menjawab tantangan perkembangan tersebut. Dalam kaitan ini jajaran pimpinan UIKA dan Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun (YPIKA) selama empat hari melaksanakan studi banding di beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Tengah yang dianggap bwrhasil dalam menerapakan Sistem Penjaminan Mutu, di antaranya adalah Universitas Diponegoro (Undip-Semarang) dan Universitas Islam Indonesia (UII-Yogyakarta).

Rombongan UIKA yang berjumlah 20 orang yang langsung dimpimpin oleh Rektor UIKA, Prof. Dr. H. Ramly Hutabarat, SH., MHum. diterima sangat baik oleh kedua institusi. Bahkan penjelasan mengenai penerapan Sistem Penjaminan Mutu diberikan sangat gamblang dan mendetil, sehingga sangat bermanfaat sebagai referensi penyusunan Lembaga Penjaminan Mutu di UIKA nantinya. Untuk diketahui bahwa Lembaga Penjaminan Mutu dapat diterapkan untuk beberapa level dalam jajaran institusi, yaitu level Universitas, Fakultas dan Program Studi yang saling terkoordinasi satu sama lain. Oleh karenanya, yang mengikuti studi banding ini adalah seluruh pimpinan UIKA yang terdiri dari Rektor dan para Pembantu Rektor, Pengurus Yayasan, seluruh Dekan di lingkungan UIKA, Pasca Sarjana, Kepala Biro dan Humas.

Dalam pengantarnya Rektor menekankan perlunya belajar dari keberhasilan pihak lain, termasuk juga mempelajari kendala-kendalanya, sehingga tidak perlu banyak membuang waktu dalam upaya perintisan Lembaga Penjaminan Mutu yang akan dilakukan di UIKA. Demikian pula ditegaskan bahwa keberadaan LPM di UIKA sudah merupakan keharusan bahkan kewajiban yang mesti dilaksanakan UIKA sebagai bentuk untuk mengemban amanah masyarakat Bogor dan sekitarnya yang sudah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di UIKA. Disadari bahwa SDM yang siap untuk merealisasikan LPM-UIKA ini masih terbatas, sehingga Rektor perlu mengirimkan Tim untuk secara khusus mengikuti workshop dan pelatihan di UII-Yogyakarta sampai menguasai aspek detil implementasinya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua YPIKA, H. Chaeruddin A. Nawawi, SE menyampaikan kesiapannya untuk mendukung Pembentukan Lembaga Penjaminan Mutu di UIKA ini, terutama dari aspek pengembangan Fasilitas dan Infrastruktur Pendidikan. Yayasan juga banyak belajar dari keberhasilan UII-Yogyakarta, yang juga sebagai universitas swasta sebagaimana UIKA, namun telah mampu berdikari menjadi sebuah Universitas dengan Fasilitas dan Infrastruktur Pendidikan yang relatif megah, yang ternyata salah satu kuncinya adalah peran aktif yayasan dalam membangun sinergi dan kerjasama dengan pihak lain. Di samping itu, kerjasama internal Yayasan dan Rektorat sangat diperlukan, terutama dalam merancang program-program pengembangan ke depan.

Rombongan juga diterima Pimpinan Pondok Pesantren Modern Assalam-Surakarta. Dari sini UIKA juga belajar bagaimana mengembangkan asset dan fasilitas pendidikan yang relatif baik di Pondok Pesantren ini dan mampu melayani dengan baik santri yang belajar di Pondok ini sekitar 5.000 orang. Tidak lupa Rektor juga mempromosikan UIKA sebagai Universitas Islam tertua di Bogor yang didirikan para ulama dengan Motto Kesatuan Iman-Ilmu-Amal siap menampung lulusan Pondok Pesantren untuk menaljutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Universitas Ibn Khaldun Bogor dan terus dapat melanjutkan program pesantrennya di Pesantren Mahasiswa Ulil Albaab dan dukungan Asrama Mahasiswa berkapasitas 500 orang.

________________________________________________

Menjelang tahun ajaran baru UIKA gencar lakukan Promosi ke SMA –SMA


19-April-09 Dalam rangka memperingati milad UIKA yang 64, Universitas Ibn Kaldun Bogor mengadakan acara jalan sehat lingkar kampus yang dimeriahkan oleh berbagai penampilan baik dari Nasyid Asy-Syuja dan Snat maupun penampilan marawis lapas paledang, serta penampilan dreamband dari pondok pesantren Umul Quro-Lewiliang dan tak lupa acara pun di isi dengan banyaknya yang berpartisipasi membuka stand-stand sehingga menambah suasana meriah pada acara tersebut. Acara semakin meriah ketika para panitia membagikan door prize yang lumayan cukup banyak sekali, dengan door prize Utamanya adalah hadiah Umrah ketanah suci, Satu Buah sepeda Motor, Laptop, kulkas, mesin cuci Dll. yang menambah ketegangan susana pada perayaan acara tersebut.

_________________________________________________________



Azies-site Menjelang hadirnya tahun ajaran baru, seperti biasa di setiap tanhunnya UIKA gencar lakukan promosi. Hampir setiap hari tim promosi UIKA mengagendakan untuk mendatangi SMA-SMA baik yang ada di daerah bogor maupun di daerah-daerah sekitarnyaseperti depok, sukabumi dan cianjur.

Kegiatan ini diadakan tiada lain untuk menjaring calon mahasiswa/i yang sebelumnya belum mengenal UIKA, untuk dapat mengenal UIKA lebih jauh. “ Siapa tau, kalau sudah dikenalkan bagai mana UIKA, mereka bisa tertarik dan melanjutkan sekolahnya di universitas Ibn Khaldun.” Tandas tim Promosi UIKA kepada Warta kampus kemarin.

Tidak hanya sekolah-sekolah SMA saja tim promosi UIKA juga turut mendatangi sekolah yang sederajatnya seperti SMK, MA, bahkan Pondok Pesantren pun akan uika datangi, guna mencari mahasiswa/i yang selain cakap akademiknya, juga memiliki wawasan luas di di bidang keahlian yang nantinya dapat mempermudah calaon mahasiswa dalam menentukan kejuruan apa yang akan mereka pilih, dengan berbagai fakultas yang ditawarkan dikampus ini.

...................................................................................................................................


JELANG UAS, BEM FAI BUAT ACARA TRAINING MOTIVASI


Antrian orang di pintu masuk aula UIKA menandakan akan di adakannya Acara di sana, sekitar ratusan orang telah nampak hadir. Acara yang di Prakarsai oleh BEM FAI baru ini, mendapatkan respon positif dari para mahasiswanya, khususnya mahasiswa uika Fakultas Agama Islam yang memang menurut pembantu dekan 3 FAI (Maimunah Saidah) kepada kontributor, Acara ini telah di wajibkan untuk di ikuti oleh seluruh mahasiswa FAI, jadi tidak heran kalau pesertanya sendiri membludak, “ Kita ingin memberikan Sugesti dan sebuah Motivasi kepada para mahasiswa agar mereka bangkit, atas kekuatan yang luar biasa yang ada pada dirinya sehingga bias menjalani apa yang akan mereka laksanakan (red*UAS) senantiasa percaya diri, lebih tekun, serius dan jujur ‘ maksudnya tidak nyontek’.” Pungkasnya.
Acara yang dilaksanakan kurang lebih dua jam itu, diikuti dengan begitu antusias oleh peserta, menurut catatan yang kami peroleh dari panitia. Peserta yang hadir pada seminar tersebut mencapai angka ± 800 Orang baik dari mahasiswa FAI itu sendiri, juga dari Fakultas lain sampai kepada Umum.
Di akhir Acara Panitia pun ikut memanfaatkan momen tersebut untuk menggalang dana bagi Rakyat palestina yang masih dalam keadaan berperang, dan hasilnya pun lumayan banyak mencapai Rp. 2.338.100,- plus cincin mas Putih2,1/2 Grm.
...................................................................................................................................................

Tak henti - henti aksi sampai israel berhenti dan mati.....!

Walaupun hujan dan jarak yang tidak dekat, puluhan Mahasiswa yang mengatas namakan Himpuan Mahasiswa Islam (HMI) cabang kota bogor. melakukan longmarch dari kampus hingga air mancur.

Aksi ini dilakukan sebagai dukungan moral terhadap para penduduk palestina yang sekarang kondisinya cukup menghawatirkan karena serangan agresi Jionis israel. aksi ini merupakan aksi puncak yang mereka gelar, dimana sebelumnya selama tiga hari, mereka melakukan aksi penggalangan dana di berbagai tempat. mulai dari kampus-kampus, perkantoran swasra / pemerintahan, hingga ke jalan - jalan, telah mereka sambangi guna membantu sodara-sodara yang ada di sana.





Sekitar pukul 3.15 wib, mereka baru sampai ketempat tujuan di daerah air mancur, dan langsung melakukan Orasi sekaligus penggalangan dana, orasi di warnai dengan pembakaran bendera israel dan penyalaan petasan, sebagai simbol penolakan atas agresi yang dilakukan negara yahudi yang di bekingi amerika itu.


Aksi tidak berjalan lama, karena keadaan cuaca tak memungkinkan dan telah darangnya waktu dzuhur. sebelum di akhiri salasatu dari mereka membacakan Pernyataan sikap HMI Cabang kota Bogor terhadap agresi Israel ke palestina. dan ditutup dengan dia untuk para pejuang yang menjadi syuhada.


..................................................................................................................

Berbagai wujud solidaritas untuk sodara dipalestina terus berlangsung di berbagai tempat

Bogor 7/01/09. Berbagai wujud solidaritas terhadap umat islam di palestina digelar di berbagai tempat, aksi yang dilakukannyapun bermacam – macam, ada yang di lakukan besar – besaran, atau hanya dengan melakukan aksi sederhana, tetapi tidak kalah berartinya dibandingkan dengan aksi-aksi lainnya. Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa UIKA yang tergabung didalam sebuah organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang kota bogor, Rabu (7-01-09). Mereka melakukan penggalangan dana kepada para pengguna jalan yang dilakukan di perempatan jambu dua.

Menurut Jefri Hasanudin selaku koordinator lapangan, “aksi ini dilakukan sebagai wujud keprihatinan, terutama keprihatian kami sebagai mahasiswa terhadap agresi yang dilakukan jionis Israel biadab terhadap palestina yang telah memakan korban yang cukup banyak, mudah-mudahan dengan aksi penggalangan dana ini walaupun tidak seberapa, dapat membantu sodara-sodara kita disana”. Tambahnya, aksi yang dilakukan ini, berjalan tidak hanya di satu titik, melainkan di sebar di berbagai titik yang setrategis untuk aksi penggalangan dana dan aksi ini merupakan aksi pertama yang mereka lakukan dari berbagai aksi-aksi yang direncanakan akan dilakukan kurang lebih selama tiga hari mendatang dan di tutup oleh aksi kecaman terhadap palestina yang akan di lakukan di airmancur tiga hari setelah aksi ini berlangsung.

Bogor 7/01/09. Berbagai wujud solidaritas terhadap umat islam di palestina digelar di berbagai tempat, aksi yang dilakukannyapun bermacam – macam, ada yang di lakukan besar – besaran, atau hanya dengan melakukan aksi sederhana, tetapi tidak kalah berartinya dibandingkan dengan aksi-aksi lainnya. Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa UIKA yang tergabung didalam sebuah organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang kota bogor, Rabu (7-01-09). Mereka melakukan penggalangan dana kepada para pengguna jalan yang dilakukan di perempatan jambu dua.


Menurut Jefri Hasanudin selaku koordinator lapangan, “aksi ini dilakukan sebagai wujud keprihatinan, terutama keprihatian kami sebagai mahasiswa terhadap agresi yang dilakukan jionis Israel biadab terhadap palestina yang telah memakan korban yang cukup banyak, mudah-mudahan dengan aksi penggalangan dana ini walaupun tidak seberapa, dapat membantu sodara-sodara kita disana”. Tambahnya, aksi yang dilakukan ini, berjalan tidak hanya di satu titik, melainkan di sebar di berbagai titik yang setrategis untuk aksi penggalangan dana dan aksi ini merupakan aksi pertama yang mereka lakukan dari berbagai aksi-aksi yang direncanakan akan dilakukan kurang lebih selama tiga hari mendatang dan di tutup oleh aksi kecaman terhadap palestina yang akan di lakukan di airmancur tiga hari setelah aksi ini berlangsung.
................................................................................................................................................


Gelar Karya Asy Syuja'
Setelah sukses dengan album Kompilasi Nasyid Bogor 2007 nya, Asy Syuja' yang tergabung dalam Bogor Nasheed Center (BNC) belum lama ini kembali mengeluarkan album harokinya yang berjudul Visi Peradaban. Dengan enam personilnya : Arif Apriansyah, Yandi Tasman, Dindin Nurdiansyah, Adi Winata, Fauzan Adhim, dan Eka Citra Saputra berkeinginan untuk memperkenalkan techno haroki nasyid artinya nasyid dengan karakter semangat dan menyeru, berirama mars serta ditambah sentuhan musik techno. Insya Allah dalam waktu dekat ini, tepatnya pada hari Senin 29 Desember 2008 atau 1 Muharram 1430 H asy syuja' akan menggelar Launching Album Visi Peradaban di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB). "Kami berharap nasyid asy syuja' dapat diterima sebagai pembuktian kesungguhan kami dalam rangka perjuangan membangun seni Islami menuju peradaban Islam yang mulia." kata Bakti Mulyana, Sang Manager.
Asy Syuja, Launching Album Perdana

Asy Syuja merupakan group nasyid asal Bogor yang terdiri dari 6 personil yang semuanya merupakan mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (uika) Bogor. Ini adalah album perdana mereka yang dibuat secara indie label yang dicetak sebanyak 200 keping. Judul Album ini adalah Visi Peradaban. Sebelumnya Asy-Syuja tergabung di album kompilasi nasyid Bogor 2007.

Judul Lagu :

1. Dzikrullah

2. Al Aqsha Palestina

3. Seruan Dakwah

4. Visi Peradaban

5. Bangun dan Bangkitlah

6.Bersiap Siagalah

7. Sang Negarawan

8. 1 Visi 1 Perjuangan

9. Islam Agama Kita

10. Wahai Pemuda Islam


Bagi yang tertarik, penasaran atau ingin mendapatkannya silahkan dapat menghubungi manajer mereka, yaitu Bakti Mulyana di 0813.99.255354
Prev: http://arifapriansyah.multiply.com/


..................................................................................................................................


MUBES II MAV-NET UIKA menghasilkan HAMDAN sebagai Ketua Umum Priode 2009 - 2010



Sore tadi ( Kamis 11 Desember 2008 ) sekitar pukul 13.00 Wib, Mava-Net, Sebuah UKM yang bergerak di bidang Audio Visual (Film) di Uika. Telah melakukan MUBES “Musyawarah Besar “ yang ke II “ Dengan agenda Penyampaian Laporan pertanggung jawaban kepengurusan yang lama, yang di jabat sebelumnya oleh Saeful adha, serta sekaligus melakukan pemilihan ketua yang baru Priode 2009 – 2010. dalam laporan Kepengurusan yang lama, saepul adha selaku ketua umum mengakui bahwa dirinya kurang begitu berhasil dalam melaksanakan kepengurusannya, terutama dalam menjalankan aktifitas keorganisasian. Yang memang struktur kepanitiannya tidak berjalan sebagai mana mestinya, menurutnya, “kepanitian sendiri sebetulnya telah tersusun dan setiap seksi telah memegang draf tugasnya masing - masing, terapi dalam penerapan kegiatannya memang selalu menemui berbagai kendala. Entah itu dari segi teknis ataupun non teknis.”

Kendati dia berdalih demikian, menurutnya walaupun Mav-Net yang di pimpinnya kepanitiaanya sedikit mandet, tetapi dari segi kegiatan Mav-Net mengalami perubahan yang signipikan di bandingkan dengan kepengurusan sebelumnya. Itu di buktikan dengan berbagai macam kegiatan / Event yang yang melibatkan berbagai pihak dan salah satunya mav-net berhasil mendirikan sebuah wadah baru di blantika pendidikan yaitu dengan membentuk sebuah organisasi pelajar se-Bogor Raya yang bergerak di bidang Audio Visual Bermoral yang di namai dengan “MSC” (Mav-Net Student Community).

Setelah agenda mendengarkan laporan kepengurusan Mav-Net 2007 – 2008 yang di sampaikan oleh ketua umumnya. Kini giliran dilakukan pemilihan kepengurusan yang baru. Dimana Pemilihan dilakukan berdasarkan Voting terbanyak. Semua anggota yang hadir termasuk panitia penyelenggara berhak menilih dan bahkan dipilih untuk menjadi bakal calon ketua umum. Dan hasil seleksi memberikan keputusan bahwa yang memiliki suara minimal 3 suara berhak menjadi bakal calon ketua mav-net yang kemudian akan di lakukan Vit & Propertes yang di lakukan pada hari itu juga dan yang memberikan test kelayakan menjadi calon ketua adalah Bp Ibrahim Fajri SH (Bang Beng ) yang langsung di daulat menjadi koordinator dan penasehat organisasi.


setelah dilakukan vit & Propertest, terpilihlah 3 Orang kandidat yang berhak maju menjadi calon Ketua umum Mav- net yaitu kandidat pertama HAMDAN dengan perolehan suara terbanyak dan signifikan sekitar 67% dari keseluruhan pemilih, disusul oleh SOBIRIN dengan perolehan suara 19%, dan terakhir dengan perolehan paling sedikit yaitu DEDE dengan perolehan suara sekitar 14 %. maka dengan hasil yang telah di peroleh itu, HAMDAN lah yang layak menjadi ketua Umum Mav - Net Priode 2009 - 2010.

" selamat untuk HAMDAN yang telah berhasil menjadi ketua Mav-net Priode 2009 - 2010, semoga dibawah kepemimpinan anda Mav-net akan terus maju dan berkembang"


Azies ( 11 Desember 2008)

adds