Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

13 Desember, 2010

Meneropong Keahlian dan Prestasi mahasiswa UIKA Kuasai Budaya Sunda, Dapat Piagam Walikota

KALEM: Inilah Elis Siti Solihah, pemudi yang meraih juara II seleksi pertukaran pemuda 2010 tingkat Kota Bogor.

Berkat ketekunannya mempelajari
budaya Sunda, Elis Siti Solihah berhasil meraih juara II pertukaran pemuda 2010 tingkat Kota Bogor. Bersaing dengan kurang lebih 40 peserta, gadis yang akrab disapa Elis itu menjadi salah satu perwakilan pertukaran pemuda antarprovinsi. Tahun depan, Elis akan bersaing dengan peserta se-Jawa Barat.

Mempelajari kebudayaan Sunda serta sejarah Kota Bogor, membawa hikmah tersendiri bagi gadis 19 tahun ini. Meski ilmu yang digelutinya bukan bidang budaya, mahasiswi Fakultas Ekonomi (FE) UIKA itu mengaku tetap mendalami nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah dan budaya Kota Bogor.
Sebagai persiapan ajang pertu karan pemuda tahun depan, warga Babakansirna, RT 02/09, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah itu mengaku sedang menyelami kesenian Sunda. Salah satunya angklung. Ia mengatakan, dirinya terpesona dengan suara merdu yang dihasilkan alat musik khas tanah Pasundan itu.
Kini, Elis rajin mengunjungi perpustakaan serta browsing internet untuk mengulik sejarah Kota Hujan. Elis juga membekali diri dengan materi sejarah, kesenian, makanan khas serta potensi-potensi budaya Sunda. Kepada wartawan ini, ia menceritakan pengalamannya mengikuti ajang yang dimotori Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) itu. Menurut dia, peserta di karantina selama tiga hari di kawasan Puncak.
Pada hari pertama, peserta diberikan materi-materi seminar, lalu diuji dengan tanya jawab dan presentasi materi yang telah diberikan. Sebagai kunci kemenangannya, Elis melakukan presentasi dalam bahasa Sunda, serta membuat karya yang bisa diaplikasikan di dunia kewirausahaan. "Saya buat sapu lidi. simpel tapi bermanfaat," ujar putri pasangan Acep Afifudin dan Mukromah itu.

Elis mengatakan, prestasi yang diraihnya bukan tanpa usaha. Meski awalnya hanya iseng, ia tetap yakin bisa mengikuti ajang itu. Karenanya, ia terus belajar dan menyerap ilmu pengetahuan. Perempuan yang juga aktif sebagai Ketua Pelaksana Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa FE UIKA itu mengatakan, dia lebih berani bicara di depan banyak orang. Ajang itu terbukti telah melatihnya untuk berani melakukan presentasi, juga menambah kepercayaan diri.
Pengembangan prestasi muda-mudi sangat penting menuju negara maju. Karena di tangan pemuda, tanggung jawab serta masa depan negeri ini dipertaruhkan. Apa pun bentuk dan bidangnya, selama itu menyangkut prestasi pemuda, pemerintah wajib memfasilitasi dan memotivasi. Baik secara finansial serta moril.
Hari ini, Elis akan mendapatkan piagam penghargaan dari Walikota Bogor atas prestasinya meraih juara II dalam seleksi pertukaran pemuda antarprovinsi.
Kasi Pembinaan Pemuda Disdikpora, Rachmat Supriatna menambahkan, pihaknya terus meningkatkan kegiatan-kegiatan kepemudaan di Kota Bogor. Menurut Rachmat, hal itu merupakan stimulan bagi remaja agar mereka mau berprestasi. Rachmat mengatakan, sebenarnya semua remaja bisa saja berprestasi. Hanya perbedaannya terletak pada kemauan, semangat serta motivasi. (*)

adds