Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

01 Desember, 2011

BAZ Kabupaten Sukabumi Gelar Sarasehan Penegakan Syariat Islam


Gambar: Bupati ketua MUI, Bupai Sukabumi, Prof. AM Saefuddin, Ketua Baz
menjadi Narasumber saresehan PSI.

Sukabumi- Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sukabumi menggelar sarasehan penegakan syariat Islam melalui pengembangan ekonomi yang dihadiri oleh Bupati Sukabumi H. Sukmawijaya, Ketua BAZ Kabupaten Sukabumi KH. Mustafa Kamal, Pakar Ekonomi Islam Prof.IR. A.M Saefudin dan 100 orang undangan yang terdiri dari tokoh pemuda, alim ulama dan praktisi akademisi, di Ruang Pertemuan Halimun, Hotel Pangrango Rabu (30/11).

"Hasil dari sarasehan ini nantinya akan berujung kepada penandatangan MoU dengan Universitas Ibn Khaldun Bogor. Alasannya, karena pakar-pakar ekonomi Islam di Indonesia banyak yang berasal dari sana dan sudah menerapkan konsep tersebut sejak lama," kata Ketua BAZ Kabupaten Sukabumi KH. Mustafa Kamal.

Menurut Mustafa, saat ini penerapan ekonomi islam di Indonesia dengan konsep syariah sudah dilakukan oleh perbankan, asuransi dan pegadaian. Ke depannya, pihaknya akan mencoba konsep syariah diterapkan di dalam sistem zakat. "Saat ini perkembangan konsep ekonomi syariah di Kabupaten Sukabumi sendiri sudah terbilang bagus, dan tinggal diteruskan kedepannya," ungkapnya.

Sementara itu Pakar Ekonomi Islam Prof.Dr.IR. AM Saefudin mengatakan, konsep ekonomi syariah merupakan prinsip ekonomi yang berdasarkan ketentuan-ketentuan agama islam. Dimana dalam sistem keuangan yg dibangun dengan prinsip bagi hasil, baik untung maupun rugi.


adds