Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

08 Juli, 2012

Creativity is a habit




Berbicara masalah kreativitas, bukanlah berbicara masalah sifat yang tidak bisa di ganggu gugat kadarnya atau dengan kata lain kreativitas merupakan sebuah sifat yang telah tertanam pada diri ini dan tidak bisa di otak-atik lagi mengenai besar-kecilnya kreativitas dari seseorang. ternyata hal itu merupakan mitos belaka.

Para pakar kreativitas menegaskan bahwa setiap orang memiliki potensi kreatifitas yang sama dan kreativitas itu sendiri sesungguhnya dapat dipelajari dan ditingkatkan. memang faktor-faktor seperti pengetahuan, penguasaan teknik, pengalaman praktis dan motivasi sangat penting perannanya dalam membuka dan mengembangkan potensi kreativitas. Namun tak kalah pentingnya adalah pengembangan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu sikap kreativitas, baik cara berfikir maupun bertindak adalah faktor terbesar yang akan membuat orang memiliki nilai kreativitas yang tinggi atau tidak.

Nah sahabat, jadi kita tak usah minder jika saat ini kita dikategorikan orang yang kurang kreatif, ternyata kreativitas kita bisa di tingkatkan dengan memulai cara mengembangkan sifat-sifat dan kebiasaan hidup kreatif, adapun beberapa poin yang bisa kita mulai jadikan sebuah kebiasaan agar kita bisa hidup kreatif antara lain:

  • mulailah bersikap terbuka.
Satu kebiasaan orang kreatif adalah terletak pada sikap keterbukaannya yang dampaknya bisa jadi luar biasa besar, karena dengan sikap keterbukaannya terhadap ide dan gagasan serta pemikiran yang ia dapatkan baik dari orang-orang yang ada di lingkungannya maupun gagasan yang ia temukan sendiri dilapangan akan membuat respon penerimaan positif pada otak nya untuk bisa beradaptasi dan merespon sesuatu hal yang baru baik yang sifatnya biasa dan kontroversial.

Kebiasaan hanya menerima hal yang disukai, diinginkan dan tidak bertentangan dengan diri kita merupanan faktor penghambat sikap keterbukaan kita. Bagi orang yang kreatif sesuatu yang lain dari pada yang lain, yang baru, yang menantang, yang sekaligus nampak tidak masuk akal, yang mengandung misteri, atau segala sesuatu yang begitu mengusik rasa ingin tahu, merupakan menu yang menggairahkan yang setiap waktu memenuhi ruang pikirannya.

Kebiasaan inilah yang mengkondisikan pikiran orang kreatif selalu dalam keadaan terbuka, peka dan siap menerima hal yang baru. Dengan mengembangkan kebiasaan inilah kita bisa beradaptasi dan merespon secara positif (Positif Thinking) terhadap berbagai bentuk perubahan positif disekeliling kita. Dengan kita mampu bersikap terbuka ini harapannya kita akan banyak mengasilkan sebuah karya yang inovatif, penemuan teknologi-teknologi baru atau karya-karya yang spektakuler yang muncul dari hasil kreatifitas kita. Hanya dengan paradigma terbukalah perubahan besar itu akan terjadi.

  • selalu berani mencoba
Satu lagi kebiasaan yang harus kita kembangkan agar kita memiliki sifat kreatifitas yang tinggi adalah sikap selalu ingin mencoba, tentunya mencoba sesuatu yang positif ya. bukan mencoba sesuatu yang jelas-jelas sudah dilarang atau melanggara norma agama dan hukum pemerintahan. Dalam artian apapun yang bersipat positif, kita wajib untuk melakukan eksperimen.

Tak ada yang bisa menandingi kebiasaan orang-orang kreatif dalam hal bereksperimen dengan hal-hal baru, bahkan hal yang asing atau tidak masuk akal. Sejalan dengan sikap terbuka dan hasrat keingintahuan yang besar yang menggelitik pikirannya, orang kreatif selalu mencoba banyak hal baru. walaupun orang kreatif juga memiliki hal yang sama dengan orang pada umumnya yang memiliki sipat dan rasa takut terhadap hal-hal tertentu yang tidak sepenuh nya dia kenal, akan tetapi yang membedakan ia dengan kebanyakan orang adalah seorang kreatif akan memiliki tingkat keberanian yang tinggi untuk mencoba.

Pengalaman mencoba adalah sesuatu yang sangat bernilai bagi orang kreatif dimana dengan mencoba inilah ia bisa menemukan teka-teki, memecahkan misteri dan bahkan menemukan sesuatu hal yang tak pernah ia duga. sikap ini juga lah yang menjadi suatu nilai yang luar biasa untuk orang kreatif, karena didalam prinsipnya ia tak akan mempercayai sesuatuhal apapun jika ia tidak mampu membuktikan kebenarannya dengan mata dan kepala sendiri, sehingga bagi orang kreatiflah ia akan pantang melakukan duplikasi sesuatu yang pernah ada tanpa memodifikasi atau menjiplak karya orang lain.

  • Menyukai Tantangan.
Sahabar kreatif, jika ditanya apa yang menggerakan orang kreatif menuju karya-karya yang spektakulernya, jangan heran jika jawabannya adalah tantangan. Mencoba menerapkan sikap menyukai tantangan akan menjadikan kita lebih kreatif karena dapat membangkitkan antusiasme dan motivasi untuk berkreasi dan berinovasi.

Kita harus mampu menciptakan tantangan pribadi dan merespon secara kuat tanatangan yang ada diluar. Tantanganlah yang seharusnya menjadi bagian dari sebuah ancaman kita, sehingga ia mengusik, mengganggu bahkan menghantui kita, ketika kita belum berhasil mencobanya akan tetapi pada saat yang sama, justru tatangan inilah yang akan menjadikan sumber energi yang luar biasa yang memacu kita untuk berani menghadapi bahkan mengalahkan tantangan tersebut.

Jadikan tantangan menjadi bagian dari aktualisasi diri kita. Menyongsong tantangan selalu berarti kesempatan untuk meneguhkan jati diri. Sementara menghindari atau melewatkan tantangan selalu berarti mengeroposkan pondasi keyakinan diri dan eksistensinya. Maka jangan heran jika catatan rekor dunia dipenuhi oleh aksi-aksi ekstrim dan spektakuler dari orang-orang kreatif ini.

  • Mengolah
Sipat selanjutnya yang harus kita jadikan kebiasaan agar terciptanya sifat kreativitas yang tinggi didalam hidup kita adalah mengolah sesuatu agar tercipta menjadi hal yang baru atau memoleh dan memodipikasi berbagai hal supaya tidak akan pernah sama dengan sebelumnya.

Hati-hati memberi perintah kepada orang kreatif. Jika perintah Anda tidak detail atau tanpa rambu-rambu yang jelas, bisa-bisa Anda jadi gemas dengan cara dia menggocek sana-sini untuk mencapai tujuan sesuai seleranya. Jangan berharap orang kreatif rela membiarkan sesuatu berjalan atau dalam keadaan seperti yang sudah-sudah, apa adanya, biasa-biasa saja, dan memuaskan orang-orang konservatif. Sebab itu jangan heran jika melihatnya sering sibuk menambah, mengurangi, membagi, memperkecil, memperbesar, memadukan, memoles, atau sedang menjungkirbalikkan dalil-dalil konvensional.

Orang-orang kreatif sangat ahli dalam menyiasati berbagai bentuk aral eksternal. Mereka juga cenderung independen dalam melakukan aktivitasnya dan selalu memasukkan roh 'kepribadiannya' dalam proses tersebut.

Proses kreatif - dan merambah ke segala bentuk proses - bagi orang kreatif berarti proses aktulaisasi diri. Dia selalu tertantang untuk mengolah aspek internal dan eksternal demi mencapai hasil yang menurut perkiraan dan imajinasinya lebih baik, bernilai,unik, dan lebih bercita-rasa.

  • Imajinatif
Ada sebuah pepatah mengatakan, Jika Anda melarang orang-orang kreatif berimajinasi, maka Anda seperti melempar mereka ke tengah-tengah gurun yang panas terik gersang meradang nan kerontang tanpa setetes air pun. Berlebihan! :)

Nah satu sifat lanjutan, ketika kita berniat memperbaharui sifat kreativitas kita adalah pastikan kita bisa berimajinasi, karena dengan berimajinasi inilah biasanya orang kreatif akan menemuhan butir-butir bibit yang luar biasa yang akan menjadi sumber inovasinya kedepan.

Imajinasi adalah karunia ilahi yang dasyat yang hanya dihadiahkan Allah SWT kepada mahkluk kesayangannya, yaitu umat manusia. Imajinasi adalah nafasnya kreatifitas. Tanpa imajinasi tidak ada kreatifitas. Dengan imajinasinya orang-orang kreatif mampu menciptakan dunia yang tak terbatasi oleh dimensi waktu; masa lalu, masa kini, masa mendatang, atau masa yang hingga kini belum terdefinisikan.

Pada alawalnya terbang kebulan hanyalah angan-angan saja tetapi dengan rasa ingin tahu yang tinggi, penasaran dan mau mencoba yang berasal dari imajinasi inilah akhirnya kita bisa menyaksikan jhon amstrong bisa mendaratkan kakinya di tempat yang sebelumnya hanya menjadi iimajinasi, atau dengan sebuah imajinasi lah kita saat ini bisa berkeliling-keliling dunia melewati samudra bahkan benua yang jauh dengan hitungan hari menggunakan burung besi dan menemukan banyak data serta informasi yang tak terbatas dengan internet, bisa berkomunikasi tanpa batasan waktu dan jarak, dll.


Orang kreatif terbilang memanjakan imajinasinya, sesuatu yang dia pelajari dari kebiasaan anak-anak dalam masa pertumbuhan mereka. Orang kreatif cenderung terus menyegarkan imajinasinya dengan teknik - teknik, stimulan-stimulan, aktivitas, kebiasaan, bahkan ritual tertentu. Dengan kekuatan imajinasi inilah orang mendapat bahan mentah bagi proses kreatif dan hasil inovatifnya.

  • Menyukai variasi
Orang kreatif kurang menyukai hal-hal yang sifatnya monolitik, monoton, dikotomis, hitam-putih, benar-salah, atau pengkategorian - pengkategorian yang membatasi ekspresi kreatifnya. Sebaliknya mereka terbiasa untuk berpikir alternatif, menyuguhkan pilihan-pilihan, dan variasi. Banyak hal terasa begitu cepat membosankan.

Namun kebosanan mereka bukanlah kebosanan sederhana, kebosanan yang pemecahannya tergantung pada sumber-sumber pemenuhan dari luar dirinya. Kebosanan orang kreatif adalah kebosanan yang menantang dan menggerakkan dirinya untuk menemukan hal baru, dengan mendayagunakan sumber - sumber, potensi, dan kemampuannya sendiri. bagi kita yang ingin mengembangkan sikap kreatifitas, hal ini akan yang harus menjadi sifat yang mendarahdaging.

  • Bergairah
Sikap terbuka, keberanian mencoba, suka tantangan, variasi, dan memanjakan imajinasi membuat orang-orang kreatif selalu bergairah dalam segala yang dikerjakannya. Mereka seperti menikmati aliran energi kreatif sehingga nampak begitu terfokus, tak kenal lelah, suka lupa waktu, dan enggan diganggu jika berada dalam zona kreatifnya. Kebiasaan orang-orang kreatif adalah menikmati dinamika masalah atau selalu mengalahkan tantangan yang dihadapi dengan antusias dan optimis. Ini yang membuat mereka begitu kaya dengan gagasan dan produktif dalam pekerjaannya. Jangan lupa, kegairahan tersebut juga menunjukkan kemampuan mereka dalam mengalirkan energi positif kepada diri sendiri maupun orang sekitar. Sebab itulah orang-orang kreatif cenderung menikmati humor, bahkan memanfaatkannya sebagai metode - metode khusus dalam memecahkan masalah. Tak sedikit dari mereka adalah penikmat atau produsen humor yang sejati.

Nah sahabat, jika kita ingin meningkatkan sikap kreativitas kita agar bisa lebih kreatif, caranya tidak lain adalah mempraktekan kebiasaan-kebiasan di atas.

Karena seperti apa yang Saya yaampaikan diatas pada awal artikel ini, Kreativity is a habit, (kreativitas adalah kebiasaan), dimana ketika kita membiasakan diri dengan bersikap terbuka, selalu berani mencoba, menyukai tantangan, mengolah, suka berimajinasi, menyukai variasi-variasi dan terakhir selalu bergairah, maka insya Allah kedepannya kita akan jauh lebih kreatif dan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang luarbiasa sehingga kita akan jauh lebih produktif dalam menjalani hidup bahkan lebih dari itu kita kedepan berharap akan menjadi salahsatu orang yang tercatat di berbagai buku karena penemuan-penemuan kita yang spektakuler dan berkontribusi menyumbangkan inovasi untuk merubah dunia jauh lebih baik. amin..

Salam Kreativitas
Nurdin Al-Azies



adds