Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

25 November, 2013

Waspada Kanker Serviks

KANKER adalah salah satu faktor penyebab kematian manusia. Berbagai macam kanker yang mengancam kaum hawa, sepertiganya merupakan kanker serviks. Ini adalah jenis kanker yang sangat
membahayakan dan ancaman terbesar wanita di seluruh dunia.

Kanker serviks sering juga disebut kanker mulut rahim, letaknya bagian sempit bawah antara rahim dan vagina. Penyebabnya dari Human Papilloma Virus (HVS) dan penyebab kematiannya adalah  virus HVS tipe 16 dan 18 melalui hubungan seksual.

Menurut Rahmawati S.ST, pengajar di Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, faktor risiko  terjangkit kanker serviks adalah berhubungan seksual aktif yang masih di bawah umur, kebiasaan merokok akif, berganti–ganti pasangan, dan minimnya sumber asupan nutrisi makanan terutama vitamin C dan E. “Selain itu kurang juga asupan asam folat, kurang menjaga kebersihan, dan di daerah kewanitaan,” ungkapnya.

Bagi penderita kanker serviks gejalanya tidak dirasakan langsung, tetapi melalui proses tahapan masa infeksi. Biasanya baru 10 tahun mendatang terjangkit penyakit kanker mulut rahim. Melalui tahapan stadium awal terlebih dahulu, lalu lanjut ke dalam stadium yang lebih membahayakan.

Untuk mengetahui kanker serviks, bisa melalui tes IVA atau Inspeksi Visual dengan Asam asetat.  Metode pemeriksaan dengan mengoles serviks atau leher rahim dengan asam asetat untuk mendiagnosanya.

Pencegahan kanker serviks atau kanker mulut rahim yaitu menunda hubungan seksual paling tidak di atas usia 20 tahun, menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri , dan melakukan Vaksin Hatesi sebelum menikah. (RK)

GEJALA KANKER SERVIKS
  • Gejala kanker serviks yang lengkap mungkin dapat membantu kita dalam mengetahui kapan kita harus khawatir terhadap gejala awal yang teridenti kasi menjadi gejala awal kanker serviks ini. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu anda ketahui.
  • Keputihan abnormal atau berlebihan. Jika sering keluar cairan kental, berbau busuk, atau berwarna tidak normal maka sebaiknya anda memeriksakan pada dokter spesialis obygn. 
  • Timbulnya rasa sakit di daerah sekitar vagina. Perut bagian bawah terasa sakit dan terkadang timbul rasa sakit pada paha dan persendian panggul setiap saat menstruasi, buang air besar, dan berhubungan badan. Setiap menyentuh serviks maka rasa sakit akan menjadi lebih besar.
  • Pendarahan dari vagina. Perempuan yang mengalami kanker serviks biasanya akan mengalami pendarahan secara tidak normal yang keluar dari vagina secara rutin. Nyeri pada saat buang air kecil. Apabila terasa nyeri pada kantung kemih, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal kanker serviks yang harus dipahami secara benar.
  • Pendarahan saat berhubungan seks. Pendarahan yang terjadi setiap melakukan hubungan seks juga merupakan salah satu gejala kanker serviks ini. 
 http://gejalakanker.org

adds