Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

19 Desember, 2013

KATA SIAPA MUSIK tidak memiliki prospek kerja yang cerah

Di era globalisasi dan penuh persaingan ini kita dituntut untuk mampu bersaing dalam hal apapun termasuk dunia kerja. Skill atau kemapuan adalah salah satu faktor yang amat menentukan, karena skill akan sangat membantu sekali di dalam dunia kerja. Dalam hal ini ada salah satu alternatif yang kiranya bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengembangkan kemampuan Sobat Kampus khususnya dalam bidang seni musik.

Ibarat pepatah mengatakan “ pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar”.Tak terkecuali hobi dan minat terhadap musik , banyak orang mejadikan musik sebagai lahan pekerjaan sehingga  bisa memiliki penghasilan besar melalui musik tersebut. Namun pada zaman sekarang kebanyakan pekerjaan dibidang musik identik dengan menjadi musisi dalam artian menjadi pemain band atau penyayi solo. Padahal apabila ditelaah lebih jauh, masih ada sisi lain dari musik yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan sekaligis penghasilan. Salah satunya adalah pendidikan seni music, Ujar Wahyudi ,salah seorang mahasiswa jurusan penddikan seni musik Universitas Negeri Jakarta, yang juga sebagai pengajar musik.

Menurut menurut wahyudi, setidaknya ada  banyak peluang pekerjaan bagi lulusan sekolah musik.  Diantaranya :
  1. menjadi artis penyanyi (band/solo)
  2. penulis lagu (arranger,)
  3. pembuat jinggle iklan,
  4. manajer radio,
  5. manajer artis,
  6. jurnalis music
  7. Penyiar radio
yang penting sih kreativitas.kalo kreatif dan bisa ngehasilin sesuatu yg 'fresh', pasti prospeknya cerah.
kalo udah kuliah seni musik tapi pas berkarir, yg dihasilin sama-sama saja sama band jaman sekarang (yg jenis musiknya sama semua dan sekali muncul udah gitu langsung ilang lagi), apa gunanya? Paparnya.

(Ama/Dzikri)

adds