Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

29 Agustus, 2014

Tips terhindar dari pencurian motor untuk anak kosan



Ntah kenapa kali ini gw pengen nulis artikel ini, mungkin karena tadi pagi, sebelum jalan ke kampus tetangga kos gw rame banget, pas gw samperin ternyata dia baru aja sadar, bahwa kendaraan motor roda dua nya udah raib di gondol si tangan panjang.., hah!!! yang bener zies.. tangannya emang brapa meter...

haha.. katro loh.. maksud tangan panjang itu kalo di kamus primbon yang gw baca sih, alias pencuri.. (emang ada ya kamus primbon).. hehe...

Yaps Sepeda motor menjadi kendaraan paling diincar oleh si tangan panjang brow!. Selain mudah dicuri, menjualnya kembali pun tidak begitu sulit.

kok tau sih zies.. hehe kata orang ya bukan pengalaman pribadi..

tapi yang akan kita adalah tips  agar terhindar dari pencurian sepeda motor  khusus bagi anak kosan.. tapi bagi kalia yang ga ngekos juga ini bisa di pake kok tenang aja...
ini dia tips nya:
  1. Pastikan jangan meyimpan motor lo di kos, kalo loe mau pergi lama atau kalo loe mau ke kampus ya jangan sekali -kali nyimpen motor di kosan yang ga bisa loe pantau sendiri, menitipkan ke orang lain sebenernya bisa, cuman apa ga malu, nyusahin orang atau tetangga atau ibu kos terus, untuk nengokin si roda dua loe. menurut gw sih walaupun di titip, namaya barang titipan, itu biasanya ga optimal... dari pada was-was, mending bawa aja ke kampus, biasanya dengan sistem parkir lebih baik, kampus lebih aman dari kosan.. minimal mungkin ketika kita was-was, kita bisa cek motor kita gimane kondisinya.
  2. Pemasangan kunci kontak tambahan : memasang kunci kontak tambahan adalah saran pertama yang gw rekomendasiin,  kunci tambahan  dapat dilakukan mandiri atau meminta jasa bengkel. Pengaman ini cukup efektif, walaupun memerlukan 'kerepotan' tambahan saat loe hendak meninggalkan motor. Pilih letak kunci rahasia ini mudah terjangkau dalam posisi duduk mengemudi -- sehingga loe tidak perlu membungkuk-bungkuk, misalnya. Ini menghindari untuk diketahui adanya kunci rahasia oleh sindikat yang mungkin saja telah mengintai loe.. serem juga ya.. 
  3. Manfaatkan alarm: Langkah ini cukup baik. Namun disarankan untuk memilih jenis yang baik dengan sistem instalasi yang tertutup dan tersembunyi. Pada kebanyakan kasus kehilangan motor beralarm, ternyata sejumlah pencuri mampu memotong instalasinya karena dirangkai secara terbuka.
    Dengan tingkat kesulitan yang tinggi sehingga memerlukan waktu pencurian yang lebih, penjahat akan cenderung mengurungkan niat buruknya. Tapi ini berlaku pada keadaan motor terparkir di kawasan keramaian. Bila dalam keadaan terparkir di tempat tersembunyi dan sepi, bisa jadi pendapat tersebut tak berlaku. 
  4. Setelah aman terkunci, titipkan motor kepada petugas Ibu / tetangga kos kalo terpaksa, lo harus pergi tanpa motor, pastikan dulu motor lo sudah terkunci dengan aman dan menjalankan saran gw di no2 or 3. pastikan ketika kita menitipkan ke orang, orang tersebut juga ga akan pergi jauh dari kosan kita, percuma juga jika kita nitip, yang dititipin nya juga pergi gitu aja kan.. sama aja boong.. 
  5. Jangan parkir dalam posisi melintang: Usahakan kalo loe markir setidaknya jangan telentang atau lurus, jika ada space parkir, buat kendaraan lo melintang, atau nyamping, hal ini setidaknya untuk mempersulit dan memerlambat si penjahat bila mana mau dorng motor loe secara diem-diem, setidaknya aga sedikit sulit kan kalo parkirnya nyamping, apa lagi di konci stang.. makan loe maling.. lurusin dulu motor gw.. hehe..

adds