Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

31 Mei, 2018

Jangan Menjudge



Ketika kita melihat ada satu yang kita anggap  kekeliruan yang diperbuat seseorang didepan mata kita,  biasanya akan ada seseorang yang langsung berkomentar, menjuge, memvonis, menghakimi bahkan tanpa konvirmasi, tanpa klarivikasi.

Memang betul, sebagai makhluk sosial kita diperbolehkan untuk punya pandangan atas persoalan, memberikan koreksi, segaligus intropeksi, tapi bukan berarti kita memiliki hak untuk menilai seseorang bahkan menghakiminya dari satuhal yang ia perbuat tanpa tau sebab serta alasan dan kebenaran mengapa ia membuat kekeliruan.

Memberikan nasihat memang di perbolehkan, namun nasihat yang seperti apa, bagaimana cara menyampaikannya dan bagai mana etikanya, perlu kita pahami juga.. agar niat baik mumemberikan nasihat, tidak membuat orang lain terluka, atau bahkan menjadi penyebab, orang lain berbuat hal yang sama, ikut menghakimi oranglain juga. 

Apakah kita merasa paling tahu, paling benar, dan paling bersih. berhak berkomentar dan kata-katanya yang sesuai yang kita inginkan?, apakah kita merasa amat perlu untuk ikut campur atas setiap hal yang terjadi dalam kehidupan orang lain?.

sebelum menjugde, menilai, memvonis orang lain terlebih dahulu perhatikan hal-hal ini:

1.Kita tidak tahu apa yang sudah mereka lewati

Baik atau buruk, benar atau salah keputusan yang diambil seseorang, bukan hak kita untuk memberikan penghakiman. Sebab kita tidak pernah tahu apa saja yang sudah pernah mereka lalui dalam hidup.

2.Belum tentu kita bisa menjalani hidup mereka

Sangat mudah untuk mencela orang lain. Tetapi belum tentu kita sanggup menjalani kehidupan mereka. Setiap orang diberikan anugerah dan cobaan yang berbeda. Masing-masing punya kesanggupan yang berbeda.

 3.Belum tentu kita lebih baik

Tak ada manusia yang sempurna. Kalau seseorang punya kekurangan dan melakukan kesalahan, begitu juga dengan kita.

4.Hidup mereka bukan milik kita

Yang paling berhak untuk menilai dan mengatur hidup seseorang adalah masing-masing individu yang menjalaninya. Yang bertanggungjawab atas hidup seseorang adalah dirinya sendiri, bukan orang lain, bukan kita.

5. Tempatkan Diri di Posisinya
"Seandainya aku jadi dia, bagaimana perasaanku?"

Orang yang jatuh sudah terhukum oleh perbuatannya sendiri. Apalagi kalau itu bukan murni kesalahannya. Jadi, mengapa kita tega menambah beban rasa bersalahnya dan menghancurkannya?


6. Kita pun tak suka dihakimi

Alasan terpenting kenapa kita tidak pantas menilai kehidupan orang lain adalah karena kita sendiri tidak suka dihakimi. Jangan melakukan sesuatu jika kita tidak suka orang lain melakukan hal yang sama kepada kita.

Sebelum menghakimi orang lain. Renungkan kembali hal ini.






adds