Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

10 Agustus, 2015

Apa bedanya universitas, Institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademik?



Kita mengenal banyak nama untuk perguruan tinggi. Ada universitas, institut, akademi, politeknik, dan sekolah tinggi.

Mengapa harus beda-beda gitu ya? Ada perbedaan nama, harusnya juga ada penjelasannya. Sebenarnya kalau kamu mencari penjelasan tentang perbedaan kelima jenis perguruan tinggi ini di Google, kamu akan menemukan banyak. Tapi sebagian besar… ah, pasti tidak sanggup memuaskan pertanyaan yang sudah muncul di otakmu.

Pada kesempatan kali ini, KA AZIES ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan kelimanya. Yah, semoga bermanfaat bagi kalian, siapa tahu ada adik kelas di SMA yang tanya.

Bangga dong, jadi kakak kelas yang bisa jelasin pertanyaan buat adik kelasnya.

BERIKUT PENJELASAN MENGENAI PERBEDAAN DARI NAMA-NAMA PERGURUAN TINGGI TERSEBUT:


UNIVERSITAS:
terdiri dari beberapa fakultas yang beragam jenis keilmuannya. Misal: Universitas A punya Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa. disiplin ilmu, jadi kalo mau nyari yang banyak pilihan jurusannya biasanya ya ada di universitas. setiap universitas memiliki fakultas dan jurusan yang berbeda-beda.

INSTITUT:

 terdiri dari beberapa fakultas yang berada dalam satu jenis keilmuan. Misal: Institut B punya Fakultas Teknologi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Perkapalan yang penting dia ada dalam satu rumpun ilmu misalnya.
TEKNOLOGI atau PERTANIAN, Dll.

SEKOLAH TINGGI:
bisa dibilang terdiri dari satu fakultas. Misalnya: Sekolah Tinggi C mempelajari ilmu ekonomi, jadi terdiri dari jurusan-jurusan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi saja.

POLITEKNIK:
 sama seperti Sekolah Tinggi, yang membedakan adalah jenis programnya. Maksud jenis program di sini adalah program akademik (S1, S2, S3), vokasi (D1, D2, D3, D4), dan profesi (gelar profesi).

AKADEMIK
bisa dibilang terdiri dari satu jurusan. Nah, paling tidak sekarang perbedaan di antara kelimanya sudah lebih jelas. Ada yang mau menambahkan?

adds