Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

11 Mei, 2016

Saya yang terlahir dari generasi Y yang hidup di zaman generasi Z


Generasi Y yang hidup di generasi Z




jika mengutif literatur terkait teori generasi sesuai dengan tahun kelahiran, maka saya terlahir pada masa generasi Y. merupakan generasi ideal dimana kehidupan nyata masih sebanding dengan kehidupan maya. artinya orang yang terlahir pada generasi ini adalah orang yang masih akrab dengan kehidupan tradisional dan kenal dengan kehidupan digital.

Gen Y atau orang yang terlahir di tahun 90an atau sebagian lainnya menyebutkan generasi milenia, adalah dia yang terlahir saat masa transisi peralihan  dari konvensional menuju zaman digital yang serba terbuka, bahkan GEN Y inilah yang didaulat terlibat dalam terciptanya zaman digital yang saat ini telah melahirkan generasi lanjutannya yaitu generasi Z dan bahkan generasi Alpha.

Terlahir dimasa MIRC dan Friendster yang masih serba terbatas, generasi Y telah menciptakan sebuah wahana komunikasi pembaharu yang kini telah mengubah milyaran orang didunia. sebutsaja facebook, twitter, youtube, instagram, dll ini adalah sebagian kecil GREAT IDEA yang mampu mengubah pola hidup generasi dijamannya. namun saat ini yang akan saya bahas bukan masalah aplikasi yang tercipta, namun dampak dan transformasi yang segera harus kita lakukan agar bisa menyesuaikan dengan arus tehnologi yang semakin maju.

Suka ga suka, mau tidak mau,  kini kita harus siap memasuki era baru yang telah kita ciptakan sendiri, seorang generasi Y yang harus hidup digenerasi Z bahkan Alpha,  ketidak siapan kita terhadap perkembangan zaman ini tentunya akan membuat generasi Y pensiun dini dalam kata lainnya PUNAH dari kancah berkarya.

kita harus belajar dari sejarah, dimana sesosok dinosaurus, yang menyatakan diri sebagai makhluk terkuat, terbesar, tergagah, dan penguasa kala itu, tidak mau beradaptasi dengan lingkungan dan perkembangan jaman, maka ia  lambat lau tergantinkan.

kita harus faham, bahwa arus perkembangan zaman adalah sebuah keniscayaan yang harus kita hadapi dan ikuti, dimana pola hidup, pola fikir dan pola sosial ekonomipun terus tergeser kearah zamannya. contoh saja beberapa hari yang lalu, ketika kita melihat ribuan orang yang saya katakan belum siap menghadapi era baru ini mereka menuntut untuk menghentikan waktu, membalik zaman tuk kembali kemasa lampau, maka bagi saya hal itu adalah mustahil.

dari pada melawan zaman, lebih baik menyesuaikan dan belajar untuk lebih bijak. saya sangat setuju apa yang disampaikan oleh Prof. Rhenald Kasali yang meminta semua kalangan menanggapi fenomena itu dengan kepala dingin. Dia menulis kolom di Koran Sindo dengan judul "Selamat Datang Sharing Economy."  

kitapun harus faham, bagaimana karakteristik generasi lanjutan lainnya, dan tidak harus memaksakan diri kepada anak dan cucu kita untuk mengikuti pola hidup kita dijamannya, yang harus lita lakukan adalah bimbing mereka untuk bisa hebat pada zamannya.


adds