Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

03 Oktober, 2016

Tips memperluas wawasan dan menambah daya fikir Bagi Mahasiswa

Ada yang bertanya, bagaimana tipsnya untuk memperluas wawasan dan menambah daya fikir, diluar konsentrasi ilmu dan bidang keahlian, supaya kalo ngobrol sama orang apapun bisa nyambung.
Ini pertanyaan menurut saya penting dan bisa mendongkrak kepribadian mu jauh lebih hebat, pasalnya, memiliki wawasan luas adalah ciri dari insan akademik yang hebat.. Apalagi seorang mahasiswa, ia terkadang dituntut untuk mengerti segala hal, apalagi yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Kurangnya pengetahuan terhadap apa yang sedang dibahas dan yang menjadi pembahasannya, akan berdampak pada nilai PD seseorang dalam sebuah diskusi atau dialog-dialog yang berakibat ia tak mampu berargumen dan yang pasti tak bisa memberikan solusi atas masalah yang terjadi karena dia ga faham dan ga ngerti.

Apaplagi bagi seorang public speaker, keahlian berargumen adalah hal yang akan selalu ditunjang dari luasnya wawasan dan dalamnya ilmu pengetahuan yang ia kuasai, ini adalah beberapa tips dari saya agar kita bisa belajar memperluas wawasan:

1. RAJIN MEMBACA

Ga ada kata lain jika kamu ingin memiliki ilmu yang banyak dan wawasan yang luas, selain dengan membaca.
"Perkataan seseorang, adalah cerminan dari isi kepala orang tersebut.. pepatah itu benar adanya, gimana kita mau ngomong, berargumen, apalagi berdebat sama orang, jika wawasan kita akan keilmuan tersebut minim, untuk ngatasinnya ya membacalah.. membaca bukan hanya dari sebuah buku, tapi membacalah dari Surat kabar, Internet, media-media sosial, bahkan status inipun bisa bermanfaat bagi kamu jika kamu mau berusaha dan bersabar membaca artikel ini sampai akhir.

Tipsnya, agar kamu minat membaca, bacalah hal-hal yang menjadi passion mu, atau kamu tertarik untuk mengetahuinya, atau tips lainnya adalah, mencari tau satu fakta dari topik-topik yang sedang ngetrend dimasyarakat.. contoh: saat ini sedang trend adanya aktivitas TAX AMNESTI (Pengampunan pajak), Jika kita seorang yang bukan ekonom, istilah diatas terdengar asing, maka caritaulah terkait istilah-istilah tersebut dan fakta-fakta dibaliknya.

2. MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Penting bagi kita, untuk bisa belajar bersabar terhadap argumentasi dan presentasi yang orang lain sampaikan, karena terkadang kita terbiasa untuk berbicara namun sulit untuk menjadi pendengar yang baik, padahal dibalik apa yang orang lain sampiakan, terlepas itu penting menurut kamu atau tidak, setidaknya dengan menjadi pendengar yang baik, kita akan mendapatkan beberapa manfaat:

  1. Belajar memahami prinsip dan argumentasi orang lain, sehingga suatu saat kita akan menjadi orang yang menghargai perbedaan.
  2. Dengan mendengar, kamu akan menjadi orang yang terbuka, baik terbuka dari ilmu-ilmu baru yang bersumber dari orang lain, maupun terbuka dari kritik dan mampu menerima saran dari orang lain. ini penting sekali, sehebat-hebatnya orang akan satu ilmu, jika ia tidak mau di kritik atau terbuka dengan saran orang lain, ia dikategorikan orang yang angkuh dan biasanya ilmunya akan segitu-gitu aja dan ga akan berkembang.
  3. Semakin banyak kamu mendengar dan memahami suatu kejadian, semakin profesionallah kamu, karena kamu mau belajar dari pengalaman orang lain .

Malas menjadi pendengar, menutup diri dari pendapat orang lain hanya akan menjadikan kamu kurang ilmu dan kurangnya wawasan tentang hal-hal yang seharusnya penting untuk kamu ketahui. Jadikanlah diri yang mampu mendengar dengan baik dan tulus agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan mengasah daya pikir untuk memperluas wawasan anda.
Tips agar mudah menjadi pendengar yang baik adalah:
  1.  Setiap kamu bertemu dengan orang, ayo mulai diskusi akan satu hal yang menarik untuk kamu diskusikan tentunya dari hal-hal yang ringan tapi bermanfaat yang kamu kuasai dan fahami.
  2. Selalu mau bertanya jika memang kamu tidak faham atau tidak mengerti akan satu hal, karena dengan bertanya berarti kamu siap mendengarkan apa yang menjadi jawaban dari orang yang kamu tanya. 
  3. Ketika ada seserang yang menurut kamu punya satu hal yang hebat, mintalah tips atau saran atau kisah-kisah dari kesuksesannya dan cobalah untuk mendengar dan belajarlah untuk tidak menyela/memotong perkataanya.
3. BERDISKUSI ( TUKAR PENDAPAT).

Selain dua hal diatas yang sangat perlu diperhatikan, ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya untuk benar-benar diperhatikan dan dijalankan untuk mempermudah Kamu menyerap ilmu pengetahuan, mengasah pikiran dan memperluas wawasan berpikir yaitu berdiskusi.

Berdiskusi adalah cara yang sangat efektif untuk menjadikan kamu pandai, cepat berpikir dan dapat berwawasan luas. Diskusi merupakan arena tukar pendapat antara satu orang dengan orang lainnya sehingga dengan demikian kamu dapat mengambil dan menyerap banyak ilmu dari apa yang ia sampaikan kepada kamu dan kamu dengan mudah dapat mengetahui jalannya pikiran orang tersebut.
Inilah beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada kamu. cukup tiga hal ini yang saya rasa sangat penting untuk diaplikasikan dalam sehari-hari.

Mungkin tiga hal ini sudah lebih dari cukup jika memang kamu benar-benar mengaplikasikan hal tersebut dengan baik. Tidak ada hal yang tidak mungkin bisa tercapai di dunia ini selama kamu masih berusaha dan terus mencoba.

kamu juga bisa baca artikel lainnya yang tidak kalah pentingnya di blog saya: http://azies-site.blogspot.co.id/
jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan pertanyaan kamu seputar apapun ke email alazies@gmail.com atau melalui pesan di FB ini.

Trims. sudah bersabar membaca artikel ini, salam Nurdin Al-Azies

adds