Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

23 Maret, 2017

BAGIMU YANG BERHUTANG! Renungkan..

me>

Sahabatmu yang bersedia meminjamkan uangnya dikala kamu sulit, bukan karena ia punya banyak uang, tapi karena ia hanya ingin meringankan sedikit beban yang kau punya, oleh karenanya  hargailah!.

Ingat, yang dipinjamkan kepadamu pada hakekatnya bukan cuma uang, melainkan ketulusan, kepercayaan, dukungan dan kesempatan untuk mu bertahan melewati cobaan.

Saya sangat berharap, sahabat-sahabat sekalian mampu menjaga itu semuanya, terutama kepercayaan yang diberikan..

Ingat Kepercayaan orang lain terhadapmu, adalah harta seumur hidup mu, sekali ia terenggut maka tak akan pernah tumbuh kembali..

mengembalikan pinjaman, atau balas budi terhadap bantuan yang diberikan adalah kewajibanmu, hak mereka adalah menerima barang yang pernah dipinjamkan.
maka jika kamu orang yang beriman, saya kira takperlu lagi harus ditagih.. karena hutang akan selalu membuatmu risih.

jika memang sudah tak mampu untuk membayar, datangilah dengan jujur beralasan dan meminta kepadanya untuk mengikhlaskan.. karena itu jauh lebih baik untuknya  daripada mendiamkan..


kamu harus faham, mereka mendapatkan hartanya  lewat ihtiar, penuh dengan perjuangan, dan hasil dari kerja kerasnya, lantas berfikirkah kamu niat baiknya, kepercayaannya, ketulusannya kamubalasdengan penghianatan!

Jangan sampai hutang mu kepada orang yang tulus membantu, menjadi batu ganjalan mengapa kamu susah berhasil, sulit maju dan tak gampang untuk meraih sukses.. kalo kamu merasakan demikian.. coba renungkan, mungkin masih ada hak orang lain yang tak kita tunaikan.. terlebih hutang atas bantuan orang yang tak dibayarkan.

Bukankah jika seorang mukmin itu terkatung-katung dengan sebab utangnya sampai  dilunasi? (HR. Ahmad)

bahkan, Rosulullah SAW pun tak berkenan untuk mensholatkan jenazah orang yang berhutang, terlebih yang paling harus kita takuti tak ada surga baginya, naudubillah..

Berdoalah agar terbebas darinya..! Kerja kerasmu untuk melunasi hutang-hutang mu adalah sahid!,  ihtiarmu untuk terbebas darinya adalah Izzah (Harga diri). maka berusahalah..!

selain itu tolong renungkan baik-baik pesan saya dibawah ini!

Orang yang suka inisiatif mentraktirMu, bukanlah ia punya banyak uang, tapi ia memandang "Pertemanan" adalah harta terpenting yang ia miliki  dari pada uangnya.

Doakanlah sahabatmu yang pernah menolongmu dikala susah hingga kamu dapat bertahan sampai detik ini..

Sekecil apapun pertolongan yang diberikan, terlebih yang menolong kita tidak pernah berharap apapun, maka ia adalah malaikatmu.. yang selayaknya kamu hargai.

do'a mu untuk kebaikannya adalah balas budi yang mereka butuhkan..

salam
Nurdin Alazies



adds