Hi, I'm Azies welcome to my space. This is a documentation of stories and experiences of my life.

11 Juli, 2017

Suttt! INI BOCORAN DAN TIPS PERUSAHAAN DALAM MENYELEKSI BERKAS LAMARAN CALON KARYAWAN AGAR DITERIMA.


Sebagai orang yang kerap kali ditugasi menyeleksi calon karyawan di berapa perusahaan, bahkan menyeleksi langsung untuk karyawan sendiri, mendapatkan berkas lamaran bertumpuk namun sama sekali ga ada pilihan itu kerap terjadi..

Alhasil, mau - ga mau, tega - ga tega, lamaran yang bertumpuk itu hanya dijadikan arsip atau dibuang di tong sampah, atau malah masuk mesin pencacah.

Padahal, bukan kami ga butuh karyawan, atau hanya sekedar main-main buka lowongan pekerjaan. Tapi hanya karena lamaran yang masuk keperusahaan hampir 90% tidak masuk kedalam kriteria (BAIK ITU KRITERIA PERSYARATAN BERKAS, MAUPUN KRITERIA PENILAIAN PERSONAL SKILLNYA) akhirnya lamaran numpuk percuma.

Ini sering terjadi, ribuan lamaran masuk dalam sekali joob pair, namun bisa dipastikan lebih dari 90% lamaran itu dinyatakan GAGAL PADA SCREENING AWAL.!


Disisi lain perusahaan butuh karyawan, namun orang yang melamar dianggap belum masuk kualifikasi, alias kurang berpotensi. inilah yang terkadang menjadi GAP antara perusahaan kekurangan karyawan vs banyaknya pengangguran yang butuh kerjaan.

"Bukan ga ada lowongan kamu jadi ga punya peluang dapat kerjaan, melainkan hanya karena kurangnya skill yang diharapkan perusahaanlah, yang membuat kamu sulit mendapatkan pekerjaan itu". ini rill.

Oleh karenanya, saya dalam kesempatan ini membuat artikel ini agar dapat membantu kamu, yang susah-susah buat lamaran pekerjaan, ikut antree di joob pair, datang kelokasi pake ongkos jadi ga sia-sia dan inipun sekaligus bisa membantu pekerjaan saya agar dapat dengan mudah menyeleksi potensi-potensi karyawan baru yang potensial dan ga salah pilih. Right!!

SUPAYA GA TERJADI SEPERTI DIATAS, SIMAK BAIK BAIK!!!

Tips buat lamaran yang baik, berdasarkan psikologi situasi, sama psikologi orang yang menyeleksi berkas lamaran kamu.

Kami dibayar untuk menyeleksi calon karyawan bukan hanya sekedar tembak orang, kita seleksi nanti perusahaan terima daftar nama dan selesai begitu aja, tapi lebih dari pada itu, menerima karyawan yang kurang tepat bisa buat perusahaan kolaps dan kami dipecat. oleh karenanya diperlukan keahlian lebih dalam menyeleksi calon karyawan.

Hampir seluruh HRD ataupun Lembaga seleksi karyawan, sebelumnya, dibekali minimal ilmu PSIKOLOGI. Untuk apa?, untuk membaca karakter calon karyawan agar sesuai kebutuhan dan ga salah pilih. artinya apa?, artinya!, setidaknya kami memiliki kemampuan, membaca karakter kamu dari mulai datang, berbusana,cara kamu salaman, ngomong, dari sekedar tulisan tangan, tandatangan, dll, makanya jangan sepelekan langkah-demi langkah yang kamu lakukan saat lamaran. Bisa jadi potensi kamu bagus, namun saat datang kamu tidak menunjukan kesungguhan dan meyakinkan perusahaan, maka kesempatan kamupun sirna saat itu juga.

Ingat!!! ga sedikit diantara kami menilai calon karyawan dimulai dari cara dia datang menyerahkan atau menitipkan berkas lamaran.

CATATAN: jika kamu hendak melamar keperusahaan langsung, maka perhatikan:
a) Penampilan sesuai kelayakan perusahaan (cara berpaiakan dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki harap dipastikan sesuai kelayakan perusahaan, initinya jangan sampai salah kostum). masing masing perusahaan memiliki kebijakannya sendiri sendiri, maka saya sarankan pelajari terlebih dahulu karakter perusahaan yang akan kamu datangi. salah kostum bisa buat kamu grogi.


  • b) Pastikan lamaran kamu sampai ke tangan yang tepat, diwaktu yang tepat dan pada kesempatan yang tepat (3 hal itu dapat membantu kamu memperoleh kesempatan yang baik, jangan sapai kamu datang menitipkan lamaran di jam-jam sibuk, atau malah sedang istirahat, karena itu kurang beretika.
  • c) Jangan sekali-kali menitipkan lamaran di pos satpam, kemungkinan besar lamaran mu ga akan sampai.
  • d) Berkas lamaran yang masuk itu bisa dipastikan menumpuk banyak, namun kami memiliki keterbatasan waktu untuk menyeleksi, makanya jika lamaran kamu kurang menarik, bukan cuma lamaran kamu ga akan di baca, dilirik juga nampaknya engga..


BERIKUT CARA KAMI MENSORTIR DAN MEMILIH BERKAS LAMARAN CALON KARYAWAN:


1) (SORTIR AMPLOP)
Jika perusahaan menghendaki lamaran menggunakan amplop, pastikan lamaran kamupun menggunakan amplop yang rapi sesuai ketentuan, jangan sampai kusut, dilipat-lipat, kena air atau malah robek-robek.


Serkatan Nama, alamat dan kontak yang jelas serta jangan lupa posisi yang diinginkan (yang spesifik) dengan font dan ukuran yang standar, mudah dibaca, ketik menggunakan komputer. Ini akan membantu penyeleksi menyortir berkas kamu sesuai posisi lowongan yang dibuka.

Selain nama, alamat dan no kontak, penilaian pun akan tertuju pada penulisan nama perusahaan serta lembaga yang tepat. pastikan kamu menulis tujuan dengan nama perusahaan yang benar sekaligus divisi yang akurat, itu berkesan kamu memang niat dan benar -benar mau melamar di perusahaan tersebut.

2). (MEMBACA SURAT LAMARAN) 
Perhatikan bahasa penulisan surat lamaran, kami biasanya akan mudah menilai karakter seseorang dari bahasa dan kalimat yang ditulis di surat lamaran, usahakan jangan bertele-telle, tulislah lamatan sesuai yang dikehendaki perusahaan, relevan dan sertakan keahlian-keahlian khusus yang menjadi nilai plus kamu,, iNGAT!! lamaran ga boleh lebih dari satu lembar. 
PERHATIKAN!! membuat lamaran dengan bahasa umum yang ga punya ruh karakter pribadi kamu, atau hanya copy + paste dari internet apalagi tidak memperhatikan ejahan bahkan terdapat kesalahan ketik, berarti kamu baru saja gugur dimedan perang! (ini banyak terjadi, karena mungkin penulisan yang terburu buru)


3) (CEK PERSYARATAN BERKAS LAMARAN) 
Jangan sekali-kali melamar tidak sesuai persyaratan yang dikehendaki, jika diminta a, maka usahakan a, jika diminta b maka usahakan b. petugas akan menyortir diawal dari pemberkasan. contoh disuruh membawa pas photo 2x3 2 lebar dan 4x6 1 lembar, maka sebisa mungkin diusahakan dilengkapi, perusahaan memberikan syarat bukan untuk mengada-ada. jika berkasnya saja ga sesuai, jangan harap bisa maju ketahap selanjutnya.


4) ( MENILAI CV) 
Jika pemberkasan dinyatakan sesuai, langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah melihat CV atau daftar riwayat hidup. masing-masing perusahaan menghendaki pembuatan CV yang berbeda beda, maka perhatikan keinginan perusahaan. 
Pastikan membuat cv yang menarik dan baik. Sekali lagi tidak berlebihan dan juga tidak pelit memberikan keterangan., cv yang kamu buat, akan menjadi penilaian utama kami dalam melihat potensi calon karyawan, maka usahakan membuat cv sesuai dengan kepribadian kamu, sesuai dengan keahlian kamu dan sesuai dengan riwayat hidup yang kamu jalani. jangan sekali-kali membuat cv yang mengada-ada, misalnya agar terlihat keren, kamu sertakan pengalaman kerja diperusahaan A dengan gaji sekian juta, padahal, kamu sama sekali ga pernah bekerja diperusahaan tersebut. ingat kami bisa dengan mudah mengecek hal tersebut.


5) (LAMPIRAN SERTIFIKAT) 
Banyak sekali berkas lamaran seperti makalah kuliah, penuh dengan lampiran sertifikat yang ga relepan dengan pekerjaan yang diminta.. melampirkan sertifikat yang relepan dengan pekerjaan yang diharapkan, itu akan sangat membantu penilaian kamu, namun jika berlebihan bukan saja menyusahkan orang yang menyeleksi, malah bisa membuat kamu dinilai kurang profesional dan menjengkelkan. jika kamu melamar dibagian komputer sertakanlah sertifikat yang berhubungan dengan komputer saja, yang lainnya ga usah.


6). (SESUAI KWALIFIKASI) 
Perhatikan juga kwalifikasi yang diminta, usahakan lamaran kamu sesuai dengan keahlian sekolah atau kuliahmu, walau ga menutup kemungkinan ada orang yang jauh lebih ahli dengan izajah jurusan yang berbeda, biasanya kami akan menilai diawal antara kesesuaian sekolah / kuliah sama joob yang dbutuhkan. 


Kualifikasi yang terlalu tinggipun,akan sulit bagi kami untuk meloloskan. Semisal dibutuhkan lulusan SMA yang melamar malah lulusan S1, atau malah sebaliknya, dibutuhkan S1 yang melamar malah SMA, maka itu bisa dipastikan ga mungkin bisa lolos pemberkasan awal. 
karena kwalifikasi dibuat sebagai pertimbangan kelayakan memberikan gaji dan jenjang karier kedepannya.


Inilah cara kami melakukan penilaian berkas lamaran untuk menjadi pertimbangan seleksi ketahap selanjutnya, seperti wawancara dan psikotest. mudah-mudahan dengan diberikan bocoran ini, kamu dapat membuat lamaran sesuai yang diinginkan perusahaan, dan saya berdoa semoga kamu cepat mendapatkan pekerjaan yang layak ya kawan!

Semoga bermanfaat, dan artkel selanjutnya mudah-mudahan saya bisa menulis terkait tips menjawab pertanyaan seputar psikotest calon karyawan.
pertanyaan dan seputar pengalaman terkait lamaran, kamu bisa comment di bawah status ini. trims


10-07-2017

adds